Sabtu, 02 Desember 2017

11 Cara Memahami dan Meningkatkan Kebahagiaan Diri Sendiri



11 Cara Memahami dan Meningkatkan Kebahagiaan Diri Sendiri

Meningkatkan dan mamahami diri sendiri seringkali sulit di lakukan.  Untuk mendapatkan hidup yang lebih baik sudah tentu kita perlu mengerti dan memahami siapa kita dan bagaimana kita. Untuk itu kita perlu berinteraksi dengan diri sendiri. Kedengarannya aneh namun memang begitu, kita harus lebih berinteraksi dengan diri sendiri.

Berikut ini adalah 11 Cara untuk berinteraksi dengan diri sendiri sehingga diri kita menjadi lebih baik.

1.     Ciptakan kebiasaan mencintai dan menghargai diri sendiri.
Hal ini perlu kita lakukan hal-hal dan kebiasaan yang membuat diri kita lebih  dihargai oleh diri kita sendiri, misalkan memuji diri kita sendiri dan berbahagia setelah kita melakukan suatu perbuatan yang baik, misalkan pekerjaan yang baik atau melakukan amal yang membahagiakan orang lain dan hal-hal lain yang membuat diri kita lebih baik.

2.     Matikan Handphone

Hal ini kedengannya sangat mustahil dalam kehidupan saat ini, namun perlu dicoba juga kita meluangkan waktu untuk diri kita sendiri sehingga pikiran dan perasaan kita tidak focus pada handphone, internet dan media social yang sangat menyita perhatian sehingga kita sering melupakan kebutuhan diri kita yang utama. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri insya Allah kita akan lebih dekat dan lebih tahu dengan keinginan diri kita yang utama. Siapa bilang kita akan berkurang kegembiraan kita karena kita tidak membuka facebook setiap saat. Coba saja metode ini.

3.     Cobalah Mengampuni Diri Sendiri.
Untuk Anda yang sangat keras pada diri sendiri karena menetapkan tujuan yang tinggi dan harus tercapai, kadang kala Anda harus memaafkan diri Anda sendiri bila Anda mendapatkan kegagalan. Adakalanya Anda perlu memaafkan diri sendiri dan bersantai. Jangan terlalu kaku dan streng.
4.     Berjalanlah Tanpa Alas Kaki
Dengan berjalan tanpa alas kaki kita bisa merasakan kalau kita bersatu dengan alam. Kita bisa merasakan seolah energy negative kita terbuang dan kita dapat juga mendapatkan kesehatan dari telapak kaki kita yang peredaran darahnya lancar.
5.     Makanlah Demi Kepentingan Tubuh Bukan Demi Selera
Tanyakan pada diri sendiri apakah makanan yang kita makan benar-benar diinginkan oleh tubuh kita atau hanya sekedar karena kita menginginkan makan makanan enak, enak di mulut. Utamakanlah makan makanan yang benar-benar di perlukan tubuh bukan karena makanan tersebut enak saja apalagi karena makan karena gengsi. Jika kita bisa melakukan hal tersebut insya Allah kita akan sehat.
6.     Berbuat Amal pada Orang lain
Miskin dan tidak berdaya bukan berarti kita tidak bisa berbahagia. Justeru dalam keadaan terdesak tersebut kita akan lebih baik jika kita bisa membantu orang lain. Jiwa kita akan berbahagia, spiritual kita akan meningkat. Energi positive akan menghiasi diri kita.
7.     Tuliskan Masalah Anda
Adakalanya kita bisa mengatasi dan menemukan solusi dari masalah kita bila kita menuliskannya pada secarik kertas. Setelah itu kita bisa memikirkan penyelesaian dari masalah kita dengan memetakan dan isnya Allah kita mendapatkan jalan keluarnya.
8.     Bercerminlah Dan Bersyukurlah
Anda perlu bercermin dan bersyukur dengan apapun keadaan Anda. Hal ini positif untuk perkembangan jiwa kita menjadi lebih baik. Dengan jiwa yang lebih baik insya Allah semua akan menjadi lebih bahagia.
9.     Jadikan Semua Menjadi Mudah
Jangan terlalu kaku dalam hidup ini. Anggaplah semua akan menjadi mudah namun tetap serius. Jangan pula Anda merasa menjadi korban kehidupan. Semua ada solusinya. Insya Alloh semua akan berkembang dan menjadi lebih baik.
10.                        Merenunglah
Merenung adalah perbuatan yang baik. Biarkan diri Anda dalam keheningan yang dalam. Serahkan semua pada Alloh dan semua akan tenang dan baik-baik saja. Pikirkan apa yang perlu Anda pikirkan. Buang semua pikiran negative dan Alloh akan memberi kebahagian untuk Anda.
11.                         Kenali Jalan Pikiran Anda
Jika pikiran Anda njilmet dan terlalu jauh, Anda perlu membuat pikiran Anda simple. Buang pikiran yang negative dan tidak perlu karena banyak hal yang perlu kita pikirkan. Jadi buang pemikiran yang kecil-kecil dan tidak penting untuk diri Anda. Buat semua menjadi mudah dan membuat hidup kita lebih bahagia.

Semoga beramnfaat
11 Cara Memahami dan Meningkatkan Kebahagiaan Diri Sendiri ini https://jalasenastri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar